Rabu, 09 Januari 2013

Komponen Internal Komputer

Komponen Internal Komputer

Oke, seperti yang sudah saya janjikan bahwa pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan tentang komponen-komponen internal yang terdapat pada komputer. Untuk lebih spesifiknya komponen internal yang akan saya jelaskan adalah komponen internal yang ada didalam CPU.
Komponen utama yang ada pada CPU adalah Prosesor yang merupakan pusat pengendali atau otak dari semua komponen internal & eksternal pada komputer. Prosesor terdiri dari berjuta-juta microchip yang saling berhubungan untuk membentuk suatu sistem khusus yang akan menjadi satu rangkaian yang mana kita sebut sebagai Prosesor, prosesor terdiri dari berbagai jenis yang semuanya memiliki fungsi yang sama. Salah satu prosesor yang canggih saat ini adalah yang berjenis Dual Core, saya tidak akan menjelaskan lebih detail apa itu yang dimaksud dual core.
Kompoonen internal lainnya adalah Memory yang merupakan faktor kecepatan kedua setelah prosesor karena semua ingatan sementara ketika komputer dihidupkan akan disimpan pada memory ini jadi dapat disimpulkan bahwa memory bekerja menyimpan data hanya pada saat komputer dihidupkan dan ketika komputer dimatikan maka semua data pada memory akan hilang (bersifat sementara). Kapasitas penyimpanan pada memory terdiri dari 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, dan bisa lebih besar lagi jika terdapat banyak slot memory pada komputer kita.
Komponen yang ketiga adalah motherboard yang merupakan medium komponen internal sehingga semua komponen seperti prosesor dan memory dapat bekerja.
komponen keempat adalah Video Card & Sound Card. Video card berfungsi untuk bisa memberikan tampilan data yang akan dihubungkan ke monitor sedangkan sound card berfungsi untuk mengeluarkan sound komputer yang akan dihubungkan pada speaker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar